Selasa, 02 Maret 2010

PENGARUH SIFAT KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK SUWAR-SUWIR TAPE 96 oleh : Dewi Kartini

PENGARUH SIFAT KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK SUWAR-SUWIR TAPE 96

Dewi Kartini 1),Wenny Dhamayanthi 2), Ida Adha Anrosana 3)


ABSTRAK

Penelitian Pengaruh Sifat Karakteristik Produk Terhadap Sikap Konsumen Pada Produk Suwar-Suwir Tape 96 Kabupaten Jember Jawa Timur, bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh sifat karakteristik produk terhadap sikap konsumen, hubungan antara sikap responden pembeli maupun bukan pembeli, dan hubungan sikap pembeli dan bukan pembeli dengan metode pendekatan fishbein dan metode langsung. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2009. Adapun tempat penelitian adalah di Perusahaan Tape 96 tepatnya di Jl Trunojoyo No 117. Hasil dari penelitian dengan metode pendekatan fishbein menunjukan bahwa pada responden secara rerata bersikap baik , dimana dengan komposisi silang pada responden pembeli terdapat 9 responden bersikap netral dan 21 responden bersikap baik serta pada responden bukan pembeli terdapat 15 responden bersikap netral dan 15 responden bersikap baik. Sedangkan hubungan sikap responden pembeli maupun bukan pembeli tidak terjadi perbedaan dengan hasil korelasi-0,0221 lebih kecil dari ztabel 5% sebesar 0,9989. Adapun hubungan antara responden pembeli maupun bukan pembeli baik menggunakan metode pendekatan fishbein dan metode langsung ternyata kedua metode tergolong signifikan dengan hasil korelasi pada responden pembeli sebesar 0,6416 dan bukan pembeli sebesar 0,4009 yang berada diatas rhotabel 5% yaitu 0,364.

Kata kunci: Suwar-suwir, Fishbein, Sikap Konsumen

1): Mahasiswa Politeknik Negeri Jember, Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri.
2): Dosen Politeknik Negeri Jember, Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri.
3): Dosen Politeknik Negeri Jember, Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi Manajemen Agribisnis.











CHARACTERISTIC CHARACTER INFLUENCE PRODUCT TO CONSUMER ATTITUDE ON SUWAR SUWIR'S PRODUCT TAPE 96

Dewi Kartini 1 ),Wenny Dhamayanthi 2 ), Ida Adha Anrosana 3 )


ABSTRACT

Characters Affecting research Characteristic Product to Consumer Attitude On Suwar Suwir Product Tape 96 Jember's Regencies East Javas, intent tests and characteristic character influence product to consumer attitude, relationship among buyers respondent attitude and also be not buyer, and buyer attitude relationship and is not buyer with fishbein approximate methods and direct method. Executed observational time on month of November until December 2009. There is place even research is at taped firm 96 its correct at Jl Trunojoyo No. 117. Result of research with that fishbein approximate methods on well-disposed average ala respondent, where with composition traverses on buyer respondents exists 9 respondent get fencestraddlings and 21 well-disposed respondents and on respondent is not buyer exist 15 respondent get fencestraddlings and 15 well-disposed respondents. Meanwhile respondent attitude relationship buyer and also is not buyer not happen distinctive by yielding correlation 0,0221 smaller of z. table 5% as big as 0,9989. There is relationship even among respondent buyer and also is not buyer gooding to utilize fishbein approximate methods and direct method apparently method second signifikan rank by usufructs correlation on respondent buyer as big as 0,6416 and are not buyers as big as 0,4009 one is on rho table 5% which is 0,364.

Key word: Suwar suwir, Fishbein, Consumer attitude

1): Student State Polytechnic of Jember, Department of Agribusiness Management, D-IV Study Program of Agroindustry Management
2): Lecturer state polytechnic of Jember, Department of Agribusiness Management, D-IV Study Program of Agroindustry Management
3): Lecturer state polytechnic of Jember, Department of Agribusiness Management, Study Program of Agribusiness Management











RINGKASAN

PENGARUH SIFAT KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK SUWAR-SUWIR TAPE 96, (studi empirik pada perusahaan tape 96, jember); Dewi Kartini; D4108490; 2010; 40 Halaman Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember, dibawah bimbingan Wenny Dhamayanti, SE, M.Si Selaku Dosen Pembimbing Utama dan Ida Adha Anrosana P, S. Pi, MP Selaku Dosen Pembimbing Anggota.

Secara geografis Kabupaten Jember mempunyai wilayah areal pertanian yang cukup luas dan dapat diketahui bahwa komoditas pangan utama yang terdapat di Kabupaten Jember adalah padi, jagung, ubi kayu, kedelai, ubi jalar, dan kacang tanah. Produksi yang melimpah dapat menjadi peluang usaha bagi agroindustri berbahan baku ubi kayu. Berdasarkan Dinas Pertanian Kabupaten Jember tahun 2008, diketahui bahwa ketersediaan komoditas ubi kayu sebesar 63.396,40 ton. Ubi kayu merupakan bahan dasar pembuatan tape maupun suwar-suwir. Dengan keadaan tersebut banyak pengusaha yang berdiri dan menyebabkan persaingan bisnis pun terjadi. Untuk memenangkan persaingan perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Menganalisa sikap konsumen merupakan salah satu prinsip utama yang mendukung pengembangan strategi pemasaran suatu perusahaan.

Selanjutnya, berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan dalam penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh sifat karakteristik produk suwar-suwir terhadap sikap konsumen. Pada penelitian ini, rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survai (survey research), dalam penelitian ini sebagai unit analisisnya adalah konsumen pembeli maupun bukan pembeli produk suwar-suwir rasa kopi tape 96 yang berjumlah 60 responden. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang ditujukan kepada seluruh responden pembeli maupun bukan pembeli produk suwar-suwir rasa kopi tape 96. Metode analisis yang digunakan adalah metode pendekatan fishbein model dan dilanjutkan dengan uji the-mann two sample-test dan uji peringkat spearman.

Metode pendekatan fishbein model menunjukkan korelasi sebesar rerata 121.27 (responden pembeli) dan 116.90 (bukan pembeli) yang berarti sikap responden adalah baik. Sedangkan hubungan sikap dan status dari responden dengan uji the-mann two sample- test adalah sama saja atau tidak ada perbedaan dengan hasil korelasi -0,0221 lebih kecil dari ztabel 0,05 yang sebesar 0,9989 serta hubungan sikap responden dengan uji peringkat spearman yang hasil korelasi responden pembeli (0,6416) maupun bukan pembeli (0,4009) yang artinya bahwa keduanya sama saja atau tidak ada perbedaan yaitu bersikap baik terhadap produk suwar-suwir rasa kopi tape 96. Berarti hipotesis yang menyatakan responden memiliki sikap baik terhadap sifat karakteristik produk yang berupa warna, tekstur, aroma, dan rasa serta tidak terdapat perbedaan sikap pada responden pembeli maupun bukan pembeli produk suwar-suwir rasa kopi diterima.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh sifat karakteristik produk suwar-suwir menunjukkan hasil responden bersikap secara rerata adalah baik sedangkan hubungan sikap responden pembeli maupun bukan pembeli adalah sama saja atau tidak terdapat perbedaan. Sedangkan korelasi sikap dengan model fishbein dan metode langsung menunjukkan keduanya sama saja atau tidak ada perbedaan dimana nilai korelasi pembeli 0,6416 dan bukan pembeli 0,4009 yang berada ditas rho tabel 0,3640 yang berarti kedua metode tergolong signifikan.

(Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember)

SUMMARY

CHARACTERISTIC CHARACTER INFLUENCE PRODUCT TO CONSUMER ATTITUDE ON SUWAR SUWIR'S PRODUCT TAPE 96, (Study Empirik on Corporate Taped 96, Jember); Dewi Kartini ; D4108490; 2010; 40 Management Majors Pages Agribusiness, Study program D-IV. Agroindustri Management, Jember Country Polytechnic, under Wenny Dhamayanthi SE, M.Si guidance, The Interrupts me Main Counsellor Lecturer and Ida Adha Anrosana P, S. Pi, MP Interrupts me Membered Counsellor Lecturer.

Geographically Regency Jember has agricultural acreage region that adequately extends and get to be known that main food trade goods that exists at Regency Jember is paddy, corn, cassava, moke, parsnip creeps, and groundnut. Abundant production cans be effort opportunity for agroindustri to get cassava raw material. Far ranging cassava crop on year 2008 as extensive as 3,948 by average cassava production as big as 134,33 kW / ha. Base on duty Jember Regency agricultural year 2008, known that cassava trade goods accessibility as big as 2.917,52 tons. Cassava constitutes taped makings raw product and also suwar-suwir. With that situation a lot of standing entrepreneur and causes even business emulation happen. Therefore to win firm emulation shall can give satisfaction to its clientele. Analysing consumer attitude constitutes one of developmental supportive main principle marketing strategy a firm.

Hereafter, base background and problem formula already been interposed, therefore aim in observational it is test and characteristic character influence suwar-suwir product to consumer attitude. On this research, observational design that is utilized is survai observational type (survey research) , in this research as s consumer that buys and also that is not suwar-suwir product buyer perceives tape coffee 96 total one 60 respondents. Main instrument that is utilized in this research is kuisioner that is attributed to all respondent that buyer and also is not suwar-suwir product buyer perceives tape coffee 96. analisis method that is utilized is fishbein model approaching and drawned out by the mann two sample's quiz test and spearman's rating quiz.

With fishbein model approaching point out correlation as big as average 121.27 (buyer respondent) and 116.90 (not buyer) that respondent attitude matter is good. Meanwhile attitude and state relationship of respondent by tests the mann two sample test is all the same or no difference with correlation result 0,0221 smaller of z. tables 0,05 ones as big as 0,9989 and subjective respondent attitudes with spearman's rating quiz that yielding correlation respondenting to buy (0,6416) and also is not buyer (0,4009) with the meaning that both all the same or no difference which is well-disposed to suwar-suwir product perceives tape coffee 96. Hypothesis matter that declares for respondent to have attitude gooding to products characteristic character which as colour as, texture, aroma, and taste and has no distinctive good attitude and also state on respondent one buys and also be not suwar-suwir product buyer perceives accepted coffee.
Base analisis result data and study already being done therefore gets to be gleaned from that characteristic character influence suwar--suwir product points out to usufruct ala pose respondent average is good whereas attitude relationship and respondent state and respondent attitude relationship that buys and also be not buyer be all the same or have no distinctive. Meanwhile attitude correlation with model fishbein and direct method points out both all the same or no difference where assess buyer correlation 0,6416 and are not buyers 0,4009 those are on rho's bags tables 0,3640 one mean both of method come under signifikan.

(Department of Agribusiness Management, D-IV Study Program Agroindustry Management, State Polytechic of Jember)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar